Friday, March 31, 2017

Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Bahasa Inggris Melalui Teknik Parafrase




I.G.A. Lokita Purnamika Utami
                                                                                                                                  
Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

lokita.purnamika@yahoo.com





Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik parafrase mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa JPBI dalam memahami makna puisi pada perkuliahan poetry; serta untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap implementasi teknik ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan pada dua kelas poetry yang paling bermasalah yaitu kelas D dan E. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik parafrase mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami puisi Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis kedua kelas ini mampu memenuhi target penelitian. Hal ini terbukti dari meningkatnya skor rata-rata kelas  D yaitu dari 66,17 pada refleksi awal sebelum tindakan, kemudian menjadi 73,26 pada siklus I dan 80,44 pada siklus II. Selain itu pada kelas E kenaikan rata-rata kelas juga terlihat, yaitu dari  63,53 pada refleksi awal sebelum tindakan, menjadi 71,56 pada siklus I dan 80,31 pada siklus II. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa merespon secara positif tentang imlementasi teknik parafrase di perkuliahan Poetry.


Kata kunci: puisi, bahasa inggris, teknik parafrase

Dapatkan full paper disini: Lokita's full paper

THE IMPORTANCE OF INTRODUCING POETRY TO EFL STUDENTS



By:
I.G.A. Lokita Purnamika Utami, S.Pd, M.Pd
English Education Department, The faculty of Language and Art
Ganesha University of Education (UNDIKSHA) Singaraja
Email: lokita.purnamika@yahoo.com

ABSTRACT:
Poetry, being an art of words, can help students become more sensitive to language, their own and other people’s. However, in an EFL situation students may object learning poetry and put a poem as series of gorgeous noises to be funneled through one ear and out the other without being allowed to trouble the mind. This is, of course, is a narrowed view about poetry.
For EFL learners, however, should not feel worry about understanding poetry. Not all poems are difficult of course, and some can be understood and enjoyed on first seeing. Moreover, what the matter the most is learning English through poem and not to learn about the poem. In short, it is valuable for EFL learners to explore some poems and write ones. Poetry gives abundance language exposures that automatically improve students’ language sensitivity on vocabulary, grammar, pronunciation, as well as students’ creativity in using their English.


get the full paper here: Lokita's full paper