Friday, March 31, 2017

Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Bahasa Inggris Melalui Teknik Parafrase




I.G.A. Lokita Purnamika Utami
                                                                                                                                  
Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

lokita.purnamika@yahoo.com





Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik parafrase mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa JPBI dalam memahami makna puisi pada perkuliahan poetry; serta untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap implementasi teknik ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan pada dua kelas poetry yang paling bermasalah yaitu kelas D dan E. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik parafrase mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami puisi Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis kedua kelas ini mampu memenuhi target penelitian. Hal ini terbukti dari meningkatnya skor rata-rata kelas  D yaitu dari 66,17 pada refleksi awal sebelum tindakan, kemudian menjadi 73,26 pada siklus I dan 80,44 pada siklus II. Selain itu pada kelas E kenaikan rata-rata kelas juga terlihat, yaitu dari  63,53 pada refleksi awal sebelum tindakan, menjadi 71,56 pada siklus I dan 80,31 pada siklus II. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa merespon secara positif tentang imlementasi teknik parafrase di perkuliahan Poetry.


Kata kunci: puisi, bahasa inggris, teknik parafrase

Dapatkan full paper disini: Lokita's full paper

No comments:

Post a Comment