Curriculum Vitae
Identitas diri
I.G.A.
Lokita Purnamika Utami, S.Pd, M.Pd
Staf Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas
Pendidikan Ganesha
Riwayat Pendidikan
KUALIFIKASI
|
NAMA
SEKOLAH/INSTITUT
|
TAHUN TAMAT
|
Sekolah Dasar
|
SD Laboratorium
STKIP Singaraja
|
1995
|
Sekolah
Menengah Pertama
|
SMP
Laboratorium STKIP Singaraja
|
1998
|
Sekolah
Menengah Atas
|
SMU Negeri 1
Singaraja
|
2001
|
Sekolah Tinggi (S2)
|
IKIP Negeri
Singaraja
Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris
|
2005
|
Pascasarjana (S2)
|
Program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan
Pendidikan Bahasa
|
2010
|
Pengalaman Penelitian
NNo
|
Judul Penelitian
|
Tahun
|
Sumber/ kedudukan
|
1.
|
Profil Penggunaan Model Pembelajaran Inovatif dalam proses Pembelajaran
Bahasa Inggris oleh guru-guru sekolah dasar di Kota Singaraja
|
2008
|
DIPA/Anggota
|
2.
|
Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Stad (Students Team Achievement Division) Pada Perkuliahan Reading I Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman
Membaca Mahasiswa
|
2008
|
Penelitian Dosen Muda/ketua
|
3.
|
Strategi
Belajar dengan Evaluasi Diri Berbasis Electronic
Portfolio untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa
|
2008
|
DIPA/Anggota
|
44.
|
Meningkatkan
Ketrampilan Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas
Pendidikan Ganesha Melalui ‘Model Pembelajaran Mandiri’Berbasis
Teknologi Informasi Dan Komunikasi
|
2008
|
Hibah
Im-here
research
grand/ Anggota
|
5.
|
Pengaruh Usia Dan Strategi Berbahasa: Sebuah Studi Pragmatik Tentang
Kesantunan Berbahasa Pada Para Penutur Bahasa Indonesia
|
2009
|
DIPA/Ketua
|
6.
|
Pengembangan Kompetensi Pragmatik Bahasa Inggris pada Siswa SMA Negeri 1 Singaraja
|
2010
|
Hibah I-m Here
Research
Grand/ Anggota
|
7.
|
Menggunakan Dictogloss Untuk
Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Listening Iii
|
2010
|
DIPA/Anggota
|
8
|
Profil permasalahan pada perkuliahan Microteaching
|
2011
|
DIPA Fakultas/ Ketua
|
9.
|
Profil Masalah-Masalah yang
dialami Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas Pendidikan Ganesha
dalam Mengikuti Perkuliahan Poetry
|
2012
|
Dana mandiri/ ketua
|
10
|
Profil Profesionalisme Dosen
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2011/2012
|
2012
|
DIPA/Anggota
|
11
|
Implementasi teknik parafrase
pada perkuliahan Poetry untuk meningkatkan kemampuan memahami puisi bahasa
inggris
|
2013
|
DIPA/
ketua
|
12
|
Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Dan Bahan Ajar
Sastra Berbasis Karakter Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha |
2013
|
Hibah
Bersaing (desentralisasi)/ ketua
|
13
|
Analisis Nilai-Nilai Karakter
Pada Puisi Bahasa Inggris Karya Mahasiswa Sebagai Wujud Kesadaran Terhadap
Nilai-Nilai Karakter.
|
2013
|
DIPA/
ketua
|
14
|
Pengembangan Multimedia
Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris Pada Perkulihan Microteaching Di Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha
|
2014
|
DIPA/ HB institusi/KETUA
|
15
|
Analisis faktor faktor penyebab
lamanya masa studi mahasiswa JPBI
|
2014
|
DIPA
FBS/anggota
|
Pengalaman Pengabdian Kepada
Masyrakat
No
|
Tahun
|
Judul P2M
|
Sumber/jabatan
|
11.
|
2006
|
pelaksana
pelatihan Pengembangan materi dan prosedur pembelajaran inovatif bagi
guru-guru Sd se-Kecamatan Seririt
|
DIPA/
Anggota
|
2
|
2006
|
pelaksana dalam pelatihan peningkatan relevansi
profesional dalam melaksanakan KBK bagi guru-guru Bahasa Inggris SMK
se-Kabupaten Buleleng
|
DIPA/
Anggota
|
3.
|
2007
|
TIM Field Worker Anggota
Pencacah data
|
Anggota
|
4.
|
2011
|
Memberikan
Latihan Bermain da Bernyanyi dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan minat
Anak terhadap bahasa inggris
|
HMJ Nhs inggris/
Anggota pelaksana
|
5.
|
2012
|
IbM Sadar Wisata Desa Menyali
|
Anggota
|
6.
|
2012
|
Pelatihan Penggunaan Cerita dengan ICT
sederhana dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Karakter kepada
Guru-Guru di Sekolah Dasar se-Kecamatan Buleleng
|
Anggota
|
7.
|
2012
|
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas
guru-guru SD se kabupaten Tabanan
|
DIPA/ Anggota
|
8.
|
2013
|
P2M Pengembangan Materi-materi
Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris SD se-Kecamatan Buleleng
|
DIPA/Ketua
|
9.
|
2013
|
Pelatihan Enterpreneurship
Bagi Alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
|
Anggota
|
10.
|
2014
|
Pembinaan
pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual yang inovatif dan
menyenagkan bagi guru Bahasa INggris SD no 5 Banyuning
|
Ketua
|
Publikasi/presentasi Ilmiah
No
|
Tahun
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Volume/Nomor
|
Nama
Jurnal
|
1
|
2006
|
A review of Cooperative Learning Method and skills
of setting up Cooperative Learning Session.
|
Vol. 13 No 2 Juli-Desember 2006
|
Jurnal Pendidikan Bahasa
Inggris dan Linguistic: Lingua Scientia.
|
2
|
2009
|
Profil penggunaan model pembelajaran inovatif
dalam proses pembelajaran bahasa inggris oleh guru-guru sekolah dasar di kota singaraja
|
Volome 3 nomor 1 April 2009
|
ISSN: 1979-7109. Jurnal penelitia dan pengembangan Pendidikan
|
3
|
2010
|
Pengaruh Usia dan Strategi Berbahasa: Sebuah studi pragmatik
tentang Kesantunan berbahasa pada para penutur Bahasa indonesia.
|
Vol 4. No 3, Desember
2010
|
ISSN 1979-7109. Jurnal
penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
|
4
|
2012
|
Learning
English Through Poetry for EFL Students dimuat pada Jurnal Bahasa dan Seni,
|
Tahun
40, nomor 1, Februari 2012. ISSN 0854-8277, hal 70-80
|
Jurnal
Bahasa dan Seni, yang telah ditetapkan sebagai berkala ilmiah terakreditasi
nasional diterbitkan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
|
5
|
2012
|
Character
Education Through Peer Assessment dimuat pada Jurnal Pendidikan Karakter,
|
Pada
edisi Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012. ISSN: 2089-5003, hal: 258-268
|
Lembaga
Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri
Yogyakarta.
|
6
|
2011
|
Memperkenalkan
Puisi Puisi Nasional untuk Membentuk Karakter Bangsa.
|
ISBN:
978-979069-062-2. Halaman makalah 73-78
|
Prosiding
Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra 2011 “Membangun Karakter Bagsa dalam
Pluralisme Budaya”
|
7
|
2011
|
The Importance of Introducing
Poetry to EFL Students.
|
Tidak
ada prosiding
|
Dipresentasikan pada the 2011 Asia Creative Writing Conference
Diadakan oleh Politeknik Negri Jember 31 Maret-1 April 2011
|
8
|
2011
|
A
comparative Study Between Role Play Technique and Story telling Technique in
developing Pragmatic competence
|
Tidak ada
prosiding
|
International
Conference on English Across Culture
Oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA. 21-22Oktober
2011
|
9
|
2011
|
Profil
Penggunaan Model Pembelajaran Inovatif dalam proses pembelajaran Bahasa
Inggris oleh Guru-Guru Sekolah Dasar di Kota Singaraja
|
ISBN : 978-602-99285-0-1
|
LOOW2:
The Awakening
Oleh Universitas Petra.
31
Mei-1 Juni 2011
|
10
|
2012
|
Menggali
Nilai Nilai Kepribadian Bangsa Pada Puisi Puisi Nasional Sebagai Usaha Untuk
Membentuk Karakter Bangsa.
|
ISBN:
978-602-9042-62-7. Halaman 304-309
|
prosiding Seminar nasional Bahasa Ibu V tahun
2012 “Bahasa Ibu Sebagai Pilar Jati Diri & Pembentuk Karakter Bangsa yang
Majemuk”
|
11
|
2012
|
Profil Masalah-Masalah yang
dialami Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas Pendidikan
Ganesha dalam Mengikuti Perkuliahan Poetry .
|
ISSN 2301-7821
|
Jurnal pendidikan dan Pengajaran diterbitkan oleh LPTK Undiksha
Jilid 45 nomor
3 (hal 210-219)
|
12
|
2012
|
The effect of peer Assessment and achieveent
motivation on students’ writing achievement
|
978-602-8474-22-1
|
KOLITA 10 oleh unika atmajaya 27-28
April 2012
|
13
|
2013
|
Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi
Bahasa Inggris Melalui Teknik Parafrase.
|
Tidak ada
|
Seminar
Nasional Riset Inovatif (SENARI ke-1) diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian
UNDIKSHA Dipresentasikan pada pada tanggal 21-22 Nopember 2013
|
14
|
2013
|
Implementing Paraphrasing Technique To
Improve Students Ability In Comprehending English Poetry.
|
978-602-8310-74-1
|
2nd International Conference on English Across
Culture, diselenggarakan
oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA. 31 juli -1 Agustus
2013
|
15
|
2014
|
Analisis Nilai-nilai Karakter
Pada Puisi Bahasa Inggris Karya Mahasiswa Sebagai Wujud Kesadaran terhadap
Nilai-nilai Karakter
|
|
Konferensi Linguistik Tahunan ke-12.
Oleh UNIKA ATMAJAYA14-16 April 2014
|
16
|
2014
|
Students’ response toward the
implementation of paraphrasing technique in English Poetry Class
|
ISSN 2301-7821
|
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
diterbitkan oleh LPTK Undiksha. Jilid 47, nomor 1, April 2014 (hal 1-10)
|
17
|
2015
|
Teacher Certification Program in Indonesia: Problems and Recommendation for the Betterment of the Program |
ISSN 2301-7821
|
International Journal of English and
Education. Vol 4 issue 2, April 2015
|
18
|
2015
|
A Need
Assessment of Indonesian EFL Teachers:Does the Length of Service Year Matter?
|
ISSN 2301-7821
|
International Journal of English and
Education. Vol 4 issue 3, July 2015
|
19
|
2015
|
Developing
Crossword Anthology to Enhance Linguistic Ability
|
ISBN 978-602-71988-2-1
|
CONAPLIN 8
“Language and Well-Being”
Oleh UPI bandung19-20 Agustus 2015
|
20
|
2015
|
Developing multimedia for Teaching Classroom
Management Skill in Microteaching class of English Education Department of
UNDIKSHA
|
Dimuat dalam buku inspiration and innovations of English Classroom
ISBN
978-979-4958-24-7
|
The 7th
NELTAL conference oleh Faculty of Letters ofState University of Malang28
Maret 2015
|
21
|
2015
|
The principles of need analysisfor EFL teacher
Professional Development in Indonesia
|
978-602-294-066-1
|
The 62nd
TEFLIN14-16 September 2015
|
22
|
2016
|
Issues of
English teacher Professional Development in Indonesia: Personal Learning, is
it a choice?
|
Tidak
ada prosiding
|
The 12th
Annual Camtesol conference, oleh iDP education cambodia Tgl 20-21 february
|
23
|
2016
|
Ways: What New English Teachers
Can Do For Learning?
|
Prosiding
|
The
63rd TEFLIN8-10 september 2016
|
24
|
2017
|
Introducing Culture:
Are English Teachers Aware Of
And Practice It In Their Teaching?
|
PROCEEDINGS
‘Revisiting English Teaching, Literature, and Translation in the Borderless
World: My World, Your World, Whose World?’ (PP 104-111) ISBN
978-602-1047-68-2,
|
The 10th
International Conference Salatiga, 18 march 2017
|
Buku Ajar
-
The Handbook of Basic English Skills. Sebuah buku ajar untuk mata kuliah MPK Bahasa Inggris.
Terbit tahun 2010. ISBN no 976-602-6310-49-9
-
The Handbook of English for Nurse and Midwifery
Students. Tahun 2009.
-
The Power of
Figurative Language in English Poem (A teacher’s book) Desember, 2012 ISBN
978-602-8310-86-4 (Jumlah hal.113) Penerbit : Undiksha Press
-
The Power of
Figurative Language in English Poem (A student’s book) Januari 2013 ISBN
978-602-8310-87-1 (jumlah hal. 100). Penerbit Undiksha Press
-
Enhancing Reading
Comprehension. Penerbit Undiksha Press. Sudah berISBN
Prestasi atau Jabatan yang pernah dialami
1.
Pembina UKM Visi
2.
Penghargaan sebagai lulusan terbaik program
pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2010 dengan predikat “Cumlaude”
3.
Kalab jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris UNDISKSHA, 2011-2014
4.
Anggota
LPP undiksha 2011-2014
5.
Sekretaris
IKA Undiksha 2017-2019
No comments:
Post a Comment