Monday, May 29, 2017

Curriculum Vitae



Curriculum Vitae
Identitas diri      
I.G.A. Lokita Purnamika Utami, S.Pd, M.Pd
Staf Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha
Alamat Kantor:  Fakultas Bahasa dan Seni/ Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.
                          Jalan A. Yani no 67. A, Singaraja-Bali, INDONESIA
No telp kantor : (0362) 21541

Riwayat Pendidikan
KUALIFIKASI
NAMA SEKOLAH/INSTITUT
TAHUN TAMAT
Sekolah Dasar
SD Laboratorium STKIP Singaraja
1995
Sekolah Menengah Pertama
SMP Laboratorium STKIP Singaraja
1998
Sekolah Menengah Atas
SMU Negeri 1 Singaraja
2001
Sekolah Tinggi (S2)
IKIP Negeri Singaraja
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
2005
Pascasarjana (S2)
Program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan Pendidikan Bahasa
2010

Pengalaman Penelitian
NNo
Judul Penelitian
Tahun
Sumber/ kedudukan
1.
Profil Penggunaan Model Pembelajaran Inovatif dalam proses Pembelajaran Bahasa Inggris oleh guru-guru sekolah dasar di Kota Singaraja

2008
DIPA/Anggota

2.
Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Stad (Students Team Achievement Division) Pada Perkuliahan Reading I  Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa
2008
Penelitian Dosen Muda/ketua
3.
Strategi Belajar dengan Evaluasi Diri Berbasis Electronic Portfolio untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa
2008
DIPA/Anggota
44.
Meningkatkan Ketrampilan Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Melalui ‘Model Pembelajaran Mandiri’Berbasis Teknologi  Informasi  Dan Komunikasi

2008
Hibah Im-here
research grand/ Anggota
5.
Pengaruh Usia Dan Strategi Berbahasa: Sebuah Studi Pragmatik Tentang Kesantunan Berbahasa Pada Para Penutur Bahasa Indonesia


2009
 DIPA/Ketua
6.
Pengembangan Kompetensi Pragmatik Bahasa Inggris pada Siswa SMA Negeri 1 Singaraja


2010
 Hibah I-m Here
Research Grand/ Anggota
7.
 Menggunakan Dictogloss  Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Listening Iii

2010
DIPA/Anggota
8
Profil permasalahan pada perkuliahan Microteaching
2011
 DIPA Fakultas/ Ketua
9.
Profil Masalah-Masalah yang dialami Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas Pendidikan Ganesha dalam Mengikuti Perkuliahan Poetry
2012
 Dana mandiri/ ketua
10
Profil Profesionalisme Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2011/2012
2012
 DIPA/Anggota
11
Implementasi teknik parafrase pada perkuliahan Poetry untuk meningkatkan kemampuan memahami puisi bahasa inggris
2013
DIPA/ ketua
12
Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Dan Bahan Ajar
Sastra Berbasis Karakter Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Pendidikan Ganesha
 
2013
Hibah Bersaing (desentralisasi)/ ketua
13
Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Puisi Bahasa Inggris Karya Mahasiswa Sebagai Wujud Kesadaran Terhadap
Nilai-Nilai Karakter.

2013
DIPA/ ketua
14
Pengembangan Multimedia Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris Pada Perkulihan Microteaching Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha

2014
 DIPA/ HB institusi/KETUA
15
Analisis faktor faktor penyebab lamanya masa studi mahasiswa JPBI
2014
DIPA FBS/anggota

Pengalaman Pengabdian Kepada Masyrakat
No
Tahun
Judul P2M
Sumber/jabatan
11.
2006
 pelaksana pelatihan Pengembangan materi dan prosedur pembelajaran inovatif bagi guru-guru Sd se-Kecamatan Seririt
DIPA/
Anggota
2
2006
pelaksana dalam pelatihan peningkatan relevansi profesional dalam melaksanakan KBK bagi guru-guru Bahasa Inggris SMK se-Kabupaten Buleleng
DIPA/
Anggota
3.



2007
TIM Field Worker Anggota Pencacah data
Anggota
4.
2011
Memberikan Latihan Bermain da Bernyanyi dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan minat Anak terhadap bahasa inggris
HMJ Nhs inggris/
Anggota pelaksana
5.
2012
IbM Sadar Wisata Desa Menyali
Anggota
6.
2012
Pelatihan Penggunaan Cerita dengan ICT sederhana dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Karakter kepada Guru-Guru di Sekolah Dasar se-Kecamatan Buleleng
Anggota
7.
2012
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas guru-guru SD se kabupaten Tabanan
DIPA/ Anggota
8.
2013
P2M  Pengembangan Materi-materi Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris SD se-Kecamatan Buleleng
DIPA/Ketua
9.
2013
Pelatihan Enterpreneurship Bagi Alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Anggota
10.
2014
Pembinaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual yang inovatif dan menyenagkan bagi guru Bahasa INggris SD no 5 Banyuning
Ketua


Publikasi/presentasi Ilmiah

No
Tahun
Judul Artikel Ilmiah
Volume/Nomor
Nama Jurnal
1
2006
A review of Cooperative Learning Method and skills of setting up Cooperative Learning Session.
Vol. 13 No 2 Juli-Desember 2006
Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistic: Lingua Scientia.
2
2009
Profil penggunaan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran bahasa inggris oleh guru-guru sekolah dasar di kota singaraja
Volome 3 nomor 1 April 2009
ISSN: 1979-7109. Jurnal penelitia dan pengembangan Pendidikan
3
2010
Pengaruh Usia dan Strategi Berbahasa: Sebuah studi pragmatik tentang Kesantunan berbahasa pada para penutur Bahasa indonesia.
Vol 4. No 3, Desember 2010
ISSN 1979-7109. Jurnal penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
4
2012
Learning English Through Poetry for EFL Students dimuat pada Jurnal Bahasa dan Seni,
Tahun 40, nomor 1, Februari 2012. ISSN 0854-8277, hal 70-80

Jurnal Bahasa dan Seni, yang telah ditetapkan sebagai berkala ilmiah terakreditasi nasional diterbitkan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
5
2012
Character Education Through Peer Assessment dimuat pada Jurnal Pendidikan Karakter,
Pada edisi Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012. ISSN: 2089-5003, hal: 258-268
Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta.
6
2011
Memperkenalkan Puisi Puisi Nasional untuk Membentuk Karakter Bangsa.
ISBN: 978-979069-062-2. Halaman makalah 73-78
Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra 2011 “Membangun Karakter Bagsa dalam Pluralisme Budaya”
7
2011
The Importance of Introducing Poetry to EFL Students.

Tidak ada prosiding
Dipresentasikan pada  the 2011 Asia Creative Writing Conference Diadakan oleh Politeknik Negri Jember 31 Maret-1 April 2011
8
2011
A comparative Study Between Role Play Technique and Story telling Technique in developing Pragmatic competence

Tidak ada prosiding
International Conference on English Across Culture
Oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA. 21-22Oktober 2011

9
2011
Profil Penggunaan Model Pembelajaran Inovatif dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris oleh Guru-Guru Sekolah Dasar di Kota Singaraja

ISBN : 978-602-99285-0-1
LOOW2: The Awakening
Oleh Universitas Petra.
31 Mei-1 Juni 2011

10
2012
Menggali Nilai Nilai Kepribadian Bangsa Pada Puisi Puisi Nasional Sebagai Usaha Untuk Membentuk Karakter Bangsa.
ISBN: 978-602-9042-62-7. Halaman 304-309
prosiding  Seminar nasional Bahasa Ibu V tahun 2012 “Bahasa Ibu Sebagai Pilar Jati Diri & Pembentuk Karakter Bangsa yang Majemuk”
11
2012
Profil Masalah-Masalah yang dialami Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas Pendidikan Ganesha dalam Mengikuti Perkuliahan Poetry .

ISSN 2301-7821
Jurnal pendidikan dan Pengajaran  diterbitkan oleh LPTK Undiksha
Jilid 45 nomor 3 (hal 210-219)
12
2012
The effect of peer Assessment and achieveent motivation on students’ writing achievement
978-602-8474-22-1
KOLITA 10 oleh unika atmajaya 27-28 April 2012
13
2013
Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Bahasa Inggris Melalui Teknik Parafrase.

Tidak ada
Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI ke-1) diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian UNDIKSHA Dipresentasikan pada pada tanggal 21-22 Nopember 2013
14
2013
Implementing Paraphrasing Technique To Improve Students Ability In Comprehending English Poetry.
978-602-8310-74-1
2nd  International Conference on English Across Culture, diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA. 31 juli -1 Agustus 2013

15
2014
Analisis Nilai-nilai Karakter Pada Puisi Bahasa Inggris Karya Mahasiswa Sebagai Wujud Kesadaran terhadap Nilai-nilai Karakter
ISBN  978-602-8474-28-3

Konferensi Linguistik Tahunan ke-12. Oleh UNIKA ATMAJAYA14-16 April 2014
16
2014
Students’ response toward the implementation of paraphrasing technique in English Poetry Class
ISSN 2301-7821
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran diterbitkan oleh LPTK Undiksha. Jilid 47, nomor 1, April 2014 (hal 1-10)
17
2015
Teacher Certification Program in Indonesia:
Problems and Recommendation for the Betterment of the Program

ISSN 2301-7821
International Journal of English and Education. Vol 4 issue 2, April 2015

18
2015
A Need Assessment of Indonesian EFL Teachers:Does the Length of Service Year Matter?
ISSN 2301-7821
International Journal of English and Education. Vol 4 issue 3, July 2015

19
2015
Developing Crossword Anthology to Enhance Linguistic Ability

ISBN 978-602-71988-2-1
CONAPLIN 8
“Language and Well-Being”
Oleh UPI bandung19-20 Agustus 2015
20
2015
Developing multimedia for Teaching Classroom Management Skill in Microteaching class of English Education Department of UNDIKSHA

Dimuat dalam buku inspiration and innovations of English Classroom
ISBN 978-979-4958-24-7
The 7th NELTAL conference oleh Faculty of Letters ofState University of Malang28 Maret 2015
21
2015
The principles of need analysisfor EFL teacher Professional Development in Indonesia
978-602-294-066-1
The 62nd TEFLIN14-16 September 2015
22
2016
Issues of English teacher Professional Development in Indonesia: Personal Learning, is it a choice? 

Tidak ada prosiding
The 12th Annual Camtesol conference, oleh iDP education cambodia Tgl 20-21 february
23
2016
Continuous Professional Development Innovative
Ways: What New English Teachers Can Do For Learning?

Prosiding
The 63rd TEFLIN8-10 september 2016
24
2017
Introducing Culture:
Are English Teachers Aware Of And Practice It In Their Teaching?

PROCEEDINGS ‘Revisiting English Teaching, Literature, and Translation in the Borderless World: My World, Your World, Whose World?’ (PP 104-111) ISBN 978-602-1047-68-2,
The 10th International Conference Salatiga, 18 march 2017

Buku Ajar
-          The Handbook of Basic English Skills. Sebuah buku ajar untuk mata kuliah MPK Bahasa Inggris. Terbit tahun 2010. ISBN no 976-602-6310-49-9
-          The Handbook of English for Nurse and Midwifery Students. Tahun 2009.
-          The Power of Figurative Language in English Poem (A teacher’s book) Desember, 2012 ISBN 978-602-8310-86-4 (Jumlah hal.113) Penerbit : Undiksha Press
-          The Power of Figurative Language in English Poem (A student’s book) Januari 2013 ISBN 978-602-8310-87-1 (jumlah hal. 100). Penerbit Undiksha Press
-          Enhancing Reading Comprehension. Penerbit Undiksha Press. Sudah berISBN
Prestasi atau Jabatan yang pernah dialami
1.      Pembina UKM Visi
2.      Penghargaan sebagai lulusan terbaik program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2010 dengan predikat “Cumlaude”
3.      Kalab jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDISKSHA, 2011-2014
4.      Anggota LPP undiksha 2011-2014
5.      Sekretaris IKA Undiksha 2017-2019




No comments:

Post a Comment