Serondeng jagung (bakwan jagung)
Bahan
3 buah jagung yg tidak terlalu tua
Telur 1 butir
Tepung tapioka 2 sdk makan (optional)
Bumbu halus: bawang merah, bawang putih, cabe kecil, seiris kencur, sejumput merica, garam, masako
Cara membuat
1. Iris jagung
2. Haluskan semua bumbu
3.campurkan jagung, kanji, sedikit air (1 sdk makan) dan bumbu lalu diulek sampai agak halus
4. Ceplokkan telur ke dalam jagung yang halus tadi. Aduk semua bahan tersebut
5. Panaskan minyak
6. Goreng bakwan goreng sesendok demi sesendok.
Tips: kanji untuk membuat bakwan kering renyah. Jika tidak suka, jangan gunakan tepung kanji.
Monday, May 29, 2017
Curriculum Vitae
Curriculum Vitae
Identitas diri
I.G.A.
Lokita Purnamika Utami, S.Pd, M.Pd
Staf Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas
Pendidikan Ganesha
Alamat Kantor: Fakultas Bahasa dan
Seni/ Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.
Jalan A. Yani no 67. A, Singaraja-Bali, INDONESIA
No telp kantor : (0362) 21541
Email : lokitapurnamika@undiksha.ac.id
teknik STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca
Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe STAD (Students Team Achievement Division) pada Perkuliahan Reading I untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa
OLEH
I.G.A . Lokita
Purnamika Utami, S.Pd.
Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, S.Pd
Resep donat goreng
DONAT GORENG
Bahan
350 gr tepung terigu
2 butir telur (kuningnya saja)
1 sdk makan fermipan
1/4 gelas air hangat
Garam sejumput
4 sdk makan gula pasir
2 sdk makan margarin cair
Ceres/coklat cair/ tepung gula sebagai toping
Bahan
350 gr tepung terigu
2 butir telur (kuningnya saja)
1 sdk makan fermipan
1/4 gelas air hangat
Garam sejumput
4 sdk makan gula pasir
2 sdk makan margarin cair
Ceres/coklat cair/ tepung gula sebagai toping
Resep kaliadrem (donat dari tepung beras)
JAJAN KALIADREM
Bahan:
500 gr tepung beras
250 gr gula pasir (bisa ditambah tp jangan sampai 500gr totalnya)
Air 1 gelas kecil
Garam sejumput
Kelapa parut 1/4 buah
Margarin 2 sdk makan
Bahan:
500 gr tepung beras
250 gr gula pasir (bisa ditambah tp jangan sampai 500gr totalnya)
Air 1 gelas kecil
Garam sejumput
Kelapa parut 1/4 buah
Margarin 2 sdk makan
Friday, March 31, 2017
Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Bahasa Inggris Melalui Teknik Parafrase
I.G.A.
Lokita Purnamika Utami
Universitas
Pendidikan Ganesha, Singaraja
lokita.purnamika@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
teknik parafrase mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa JPBI dalam memahami
makna puisi pada perkuliahan poetry;
serta untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap implementasi teknik
ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan pada dua kelas poetry yang paling bermasalah yaitu
kelas D dan E. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik parafrase mampu
meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami puisi Bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil analisis kedua kelas ini mampu memenuhi target penelitian.
Hal ini terbukti dari meningkatnya skor rata-rata kelas D yaitu dari 66,17 pada refleksi awal sebelum
tindakan, kemudian menjadi 73,26 pada siklus I dan 80,44 pada siklus II. Selain
itu pada kelas E kenaikan rata-rata kelas juga terlihat, yaitu dari 63,53 pada refleksi awal sebelum tindakan,
menjadi 71,56 pada siklus I dan 80,31 pada siklus II. Selain itu penelitian ini
juga menemukan bahwa mahasiswa merespon secara positif tentang imlementasi
teknik parafrase di perkuliahan Poetry.
Kata
kunci: puisi, bahasa inggris, teknik parafrase
Dapatkan full paper disini: Lokita's full paper
THE IMPORTANCE OF INTRODUCING POETRY TO EFL STUDENTS
By:
I.G.A. Lokita
Purnamika Utami, S.Pd, M.Pd
English
Education Department, The faculty of Language and Art
Ganesha
University of Education (UNDIKSHA) Singaraja
Email:
lokita.purnamika@yahoo.com
ABSTRACT:
Poetry, being an
art of words, can help students become more sensitive to language, their own
and other people’s. However, in an EFL situation students may object learning
poetry and put a poem as series of gorgeous noises to be funneled through one
ear and out the other without being allowed to trouble the mind. This is, of
course, is a narrowed view about poetry.
For EFL learners,
however, should not feel worry about understanding poetry. Not all poems are
difficult of course, and some can be understood and enjoyed on first seeing. Moreover,
what the matter the most is learning English through poem and not to learn
about the poem. In short, it is valuable for EFL learners to explore some poems
and write ones. Poetry gives abundance language exposures that automatically
improve students’ language sensitivity on vocabulary, grammar, pronunciation,
as well as students’ creativity in using their English.
get the full paper here: Lokita's full paper
Subscribe to:
Posts (Atom)